24 Februari, 2008

Peta Zona Refleksi Tubuh dan Wajah

1. maag
2. ingatan
3. sakit kepala
4. maag
5. darah
6. sembelit
7. rangsangan sex
8. kelumpuhan
9. peredaran darah











1,6,25. mata
2. jantung, muka bengkak
3,28. lambung
4. jantung
5. limpa
7,24. telinga
8,23. betis
9,21. pergelangan kaki
10. metabolisme
11,19. siku
12. pusat
13,18,20. lengan
14,17. gas
15,16. pergelangan tangan
22. pencernaan
26. hati
27. ginjal






1,3,5,17. mata
2. sumsum tulang belakang
4. memanjangkan kaki kanan
6. telinga
7. lengan dan tangan
8. tulang ekor
9. ujung tulang belakang
10,22. tenggorokan
11. kaki kanan
12. prostat, ovarium
13. kanker
14. ginjal
15. reumatik
16. lemah syahwat
18. perut
19. paru-paru
20,23,26. jantung
21. kaki kiri
24. mata juling
25. ngompol
27. memanjangkan kaki kiri
28. gagap

21 Februari, 2008

Pedoman Penting

A. Dalam Pemijatan
* Pemijatan dilakukan 2 hari sekali atau 3 kali dalam seminggu. Jangan setiap hari atau setiap saat. Karena hal itu malah akan merusak syaraf-syaraf yang bersangkutan.
* Setiap titik refleksi sekali pengobatan bisa dipijat antara 5-9 menit. Jangan memijat lebih dari 10 menit untk etiap titik refleksi dalam sekali pengobatan.
* Kalau pemijatan dilakukan terlalu keras dan pasien merasa kesakitan sekali, maka tekanan pejatan dikurangi dan memindahkan pejatan ke bagian lain.
* Jangan memijat pada:
- wanita yang sedang haid
- wanita hamil
- penderita penyakit menular
- bagian yang bengkak
* Komunikasi pemijat dengan pasien harus baik

B. Reaksi Setelah Dipijat
# mungkin gatal-gatal
# bagian yang sakit bertambah sakit
# meriang dan mungkin air kencingnya berwarna merah
Gejala-gelaja di atas biasanya hanya berlaku kurang lebih selama 6 jam dan tidak berbahaya. Itu respon yang baik.

C. Catatan Penting
^ pijat di sini tidak sekali pijat lalu pasien langsung sembuh, tetapi berangsur-angsur sembuh atau sakitnya berkurang.
^ untuk itu harus rajin pijat satu minggu 2 atau 3 kali pijat. Penyakit yang berat bisa memakan waktu 10-30 minggu, tergantung dari parahnya penyakit tersebut. Jadi tidak sekali pijat langsung sembuh. Untuk itu pasien perlu diberi pengertian agar tidak kecewa.
^ sekali lagi setiap titik refleksi yang dipijat tidak boleh lebih dari 10 menit sekali pengobatan. Hal itu justru bisa mengganggu peredaran darah.

Peta zona refleksi telapak tangan

1,28. usus
2. bahu
3. jantung
4,14. paru-paru
5. usus kecil
6. liver
7. ginjal
8. batuk
9. inti jantung
10. gelisah
11. inti telapak
12. peluh
13. lambung, usus
15. tenggorokan
16. lambung, limpa
17. dada, pernapasan
18. kaki
19. kepala atas
20. kepala sisi
21. kepala belakang
22. leher
23. tenggorokan
24. dada
25. kaki
26. pinggang, paha
27. pergelangan
29. kepala depan
30. mata
31. kepala, pencernaan
32. nyeri
33. hidung
34. pengatur suhu

11 Februari, 2008

Peta Zona Refleksi Kaki

1. kunci paha
2. kelenjar getah bening
3. tulang rusuk
4. tulang pinggang
5. tulang punggung
6,28. organ keseimbangan
7,27. dada
8,24. bronchi/ bronkus
9,26. amandel
10,25. rahang, gigi
11. hidung
12. tulang leher
13. kelenjar paratinoid
14. kandung kemih
15. kelamin
16. tulang kelangkang
17. alat kelamin, saluran kencing
18. tulang tungging
19. rahim, prostat
20. pinggul
21. wasir, anus
22. tulang rusuk
23. tulang belikat
29. bahu
30. sendi siku
31. lutut
32. wasir
33. tulang punggung
34. boyok
35. sendi pinggul
36. testis/ ovarium
37. kelenjar getah bening
38. pengendoran perut dan mengurangi sakit haid

Klik pada gambar untuk pemperjelas.

09 Februari, 2008

5 Zona Refleksi Tubuh

Perhatikan gambar dibawah ini dengan seksama. Anda akan melihat bahwa tubuh manusia pada setiap sisi (kiri atau kanan) dibagi menjadi 5 zona. Pusat dari badan manusia adalah zona 1 untuk sisi kiri dan kanan. Maka dengan mempelajari gambar dibawah ini dan membaca penjelasan-penjelasan tentang zona-zona, anda akan mengenali lebih baik zona-zona tersebut. Gambar ini berlaku pada pria dan wanita.

Zona 1
Terbujur dari ujung ibu jari tangan, lurus naik ke puncak kepala, lalu turun melalui hidung, melalui pusat tubuh ke ibu jari kaki. Dalam zona ini termasuk saluran hidung, langit-langit, perut, tenggorokan, tulang belakang, rahim, lat kelamin, dubur, jantung dan bermacam-macam kelenjar. penyakit dari alat-alat tubuh tersebut dapat diobati dengan menerapkan pijat-pijat refleksi pada zona-zona respons yang berhubungan dengan organ-organ dalam zona 1, baik dilaksanakan di muka, tungkai, lengan, atau kaki.

Zona 2
Terbujur dari jari telunjuk naik ke kepala, turun ke jari kaki yang ke 2. Daerah ini meliputi mata, sinus-sinus (anak rongga hidung), berbagai kelenjar, paru-paru, bronkhi, amandel, perut, jantung dan pankreas (pada sisi kiri).

Gambar 42

A = Garis bahu

B = Garis pinggang


Di sini juga ada zona perut. Hal ini menunjukkan bahwa zona perut cukup luas mencakup zona 1 dan 2. Apabila ada kelainan pada salah satu organ itu, kita dengan mudah dapat menemukan daerah responnya di zona 2.

Zona 3
Terbujur dari jari tengah tangan, kepala, turun ke jari tengah kaki. Zona ini meliputi mata, beberapa kelenjar, paru-paru, ginjal, perut lambung (pada sisi kiri), hati dan kandung empedu (pada sisi kanan).

Zona 4
Dimulai dari ujung jari manis, naik ke kepala, turun ke jari kaki yang ke empat. Zona ini meliputi hati, illeocecal valve (katup yg membatasi usus kecil dan usus besar), pada sisi kanan saja. Sedang pada sisi kiri adalah bahu, telinga, paru-paru dan limpa.

Zona 5
Membujur dari kelingking tangan ke kepala, turun ke jari kelingking kaki. Dalam zona ini termasuk hati, telinga dan tengkuk.

Semua zona membujur merata di seluruh tubuh, melewati lengan, tungkai, telapak tangan dan telapak kaki. Pada gambar 42 garis melintang A ke atas adalah bagian zona kepala dan sekitarnya, garis melintang A hingga B adalah zona bagian tengah dan garis melintang B ke bawah adalah zona tubuh bagian bawah.

05 Februari, 2008

Contoh-contoh cara memijat

Untuk praktek memijat refleksi sistem terapi zona kita bisa mencontoh cara-cara seperti dibawah ini, tapi pada prakteknya kita bisa memijat dengan cara kita sendiri. Mana yang nyaman menurut kita.

a. Memijat jari-jari kaki


b.Memijat Seluruh bagian kaki



c. Memijat Bagian Tangan

04 Februari, 2008

Teknik dasar

A. Teknik Genggaman
Berikut ini contoh-contoh pelaksanaan teknik genggaman:

1.Teknik genggaman satu jari

Gambar di atas kekuatan memijat dipusatkan pada jari telunjuk bagian ujung. Sangat cocok untuk memijat zona-zona di telapak tangan.

2.Teknik genggaman jari banyak

Teknik ini menggunakan ujung-ujung keempat jari untuk pijatan, digunakan untuk menutup suatu daerah yang cukup luas baik pada kaki maupun pada tangan.













3.Teknik jepitan

Teknik ini sangant cocok digunakan pada daerah yang lebar pada tangan atau kaki.













4.Teknik genggaman langsung

Titik tekan pada teknik langsung ini dipusatkan pada ibu jari tangan pemijat. Jara ini sangat cocok untuk memijat telapak kaki yang memerlukan tekanan prima.










B.Teknik Putaran

Teknik ini pelaksanaannya hampir sama dengan teknik langsung. Hanya saja pada pelaksanaannya khusus dibuat dengan gerakan putaran. Bisa dilakukan dengan satu jari atau lebih.

C.Teknik Ibu jari dan jari berjalan

Tujuan menggunakan teknik ini untuk memberikan suatu tekanan yang tetap selagi mengurut permukaan tangan atau kaki. Permainan antara jari memberikan kemampuan untuk menelusuri sekaligus memberi tekanan pada permukaan yang berbeda-beda.

Pengantar

Beda antara pijat sistem terapi zona dengan pijat biasa (pijat secara umum). Pijat sistem terapi zona dilakukan pada suatu tempat tertentu dan jangka waktu tertentu pula. Tempat tertentu itu dinamakan zona respon atau daerah respon. Luasnya sebesar biji kedelai atau lebih besar lagi, memberi respon terhadap tekanan-tekanan dari luar dan berhubungan langsung dengan alat tubuh atau pusat rasa sakit rasa sakit. Daerah respon atau titik refleksi ini terdapat di seluruh badan, namun yang paling banyak di telapak kaki dan telapak tangan. Daerah-daerah ini akan menjadi peka jika ada kelainan-kelainan dalam tubuh. Jangka waktu pijat untuk tiap zona (titik refleksi) biasanya 5-9 menit dan ini dilakukan berselang 1-3 hari sekali, sampai rasa sakit pada daerah-daerah respons berkurang. Pada waktu rasa sakit berkurang, keadaan badan mulai pulih. Untuk mendapatkan hasil yang efektif tekanan pada daerah-daerah tersebut harus cukup kuat hingga benar-benar terasa sakit. Titik yang terdapat pada daerah respon dapat ditemukan apabila anda menekan tempat-tempat menurut letak yang ditunjuk dalam gambar-gambar dalam blog ini.

Sebelum memulai praktek, sebaiknya anda terlebih dahulu mempelajari gambar-gambar zona titik refleksi seluruh tubuh. Untuk memudahkan pelaksanaan praktek pijat gambar-gambar diberi penjelasan nama setiap titiknya.

Perhatikan baik-baik letak yang tepat dari daerah-daerah respons untuk setiap alat tubuh atau kelainan dan zona-zona yang saling berhubungan dengan organ-organ tersebut. Ini sanganat penting karena gambar-gambar itu menunjukkan lokasi dari alat-alat tubuh dengan masing-masing daerah responnya. Anda akan dengan mudah mengetahui di mana letak daerah respon untuk tiap kelainan alat tubuh tertentu yang akan dibahas pada bahasan yang lain.


sumber utama blog diambil dari:

Judul Buku: Pijat Sistem Terapi Zona
Penulis: Gatot Margono
Penerbit: Karya Utama, Surabaya
Tahun: -

related post

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Hostgator Coupon Code